Shadow

Curahan Hati Boby Geluti Bisnis Ayam Potong

Dompu – Diwaktu senggang mengajar di SMAN 3 Dompu, Ikhwansyah (38 tahun) atau biasa disapa Boby Desa O,o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB ini menggeluti bisnis Ayam Potong. Profesi ini ia geluti sejak tahun 2014 lalu dan bahkan banyak merasakan suka dukanya menjadi peternak.

Suasana Boby di Kandang Ayamnya. Dok – Bang Chan.

Kata Boby, dirinya pernah mengalami rugi jutaan rupiah akibat kecurian. Namun, tidak membuat dirinya patah semangat menggeluti usaha ini.”Segala usaha pasti ada tantangannya, begitu juga dengan usaha ayam potong,” kata pria yang juga anggota BPD Desa O,o ini pada wartawan Mata Warta, Senin (10/8/2020) sekira pukul 15 30 Wita dilokasi ternaknya.

Lanjut Boby, pemasukan normal untuk 1000 ekor bisa maraup keuntungan lebih kurang 5 juta. Hasil ini bila tidak mengalami kendala seperti kecurian, terjangkit penyakit.”Cukuplah untuk memenuhi kebutuhan keluarga dirumah,” katanya.

Usaha ini sebagai contoh buat generasi muda yang ada di Desa O,o bahkan untuk Pemerintah Desa pun yang mana di Desa memiliki dana BUMdes. Berbicara usaha Desa memiliki modal yang siap menjalankan usaha apa saja.”Rusaknya perilaku pemuda disebabkan tidak adanya kegiatan. Begitupun juga usaha Desa itu, percuma memiliki modal kalau tidak dikembangkan. Saya akan lebih bagus jika Desa membuka usaha ayam potong,” inginnya.

Kata pria yang menjadi guru sukarela ini, dengan modal 31 juta dirinya mampu menghasilkan pendapatan murni jutaan rupiah. Sisi baiknya yaitu menciptakan lapangan kerja bagi pengangguran.”Selain jadi peternak saya juga menjadi petani. Tergantung dari pintar pintar kita membagi waktu menjalankan usaha ini,” tuturnya. (Bang Chan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *