Shadow

Situs Klasik Dorobata di Dompu Dipadati Pengujung

KABUPATEN DOMPU – Ratusan pengunjung memadati situs klasik Dorobata berlokasi Lingkungan Kandai Satu Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB.

Para Pengunjung Situs Klasik Dorobata. Foto – Bang Chan.

Berbagai sarana baik tempat Selvi maupun minuman siap saji tersedia di situs klasik Dorobata. Yang paling digemari oleh pengunjung yaitu perahu Lopi Penge dan profil love karena dua tempat ini buat foto foto.

“Saya datang bersama keluarga untuk Selvi di perahu lopi penge. Jujur, tempatnya bagus, dengan pemandangan pegunungan kita bagai naik perahu di atas awan,” kata salah satu pengunjung, Satria Irawan pada wartawan Mata Warta, Jum’at (26/2/2021) sekira pukul 16.30 Wita.

Sementara pedagang Kopi, Anas mengakui, keramaian terjadi dari sore hingga malam harinya. Suasana sore bagus buat wisata Selvi, malam hari wisata santainya.

“Pengunjungnya ramai kami pun banjir rejeki. Dari pengunjung inilah rejeki didapat dengan menyajikan kopi berbagai merek kepada orang yang datang ke situs Dorobata,” ujarnya.

Ditempat yang sama seksi Kordinator lapangan, Jul Muhaimin, mengatakan bahwa jumlah lapak di lokasi situs yaitu 15 lapak. Dari lapak tersebut dikenakan retrebusi harian.

“Retribusi per lapak bervariasi dari 2 ribu hingga 5 ribu rupiah perhari. Dari hasil retrebusi ini akan disetor ke Pokdarwis dan sebagiannya untuk anggota yang terlibat didalamnya,” jelas Jul saat diwawancarai.

Harapannya bagi pemilik lapak agar mematuhi aturan ketentuan kelompok Sadar Wisata Pokdarwis seperti tidak membangun lapak secara permanen mengingat lokasi ini adalah cagar budaya yang wajib dijaga oleh masyarakat.

“Lokasinya milik daerah tentunya kita tidak boleh asal bangun aja atau memiliki seutuhnya (hak milik),” harapnya. (Bang Chan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *