Shadow

Pemdes Nggembe Raih Rangking Pertama Pencairan Dana Desa di Bolo

Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis

Kabupaten Bima.- Berhasil genjot segala administrasi dengan cepat, Pemerintah Desa (Pemdes) Nggembe Kecamatan Bolo menduduki rengking pertama yang mencairkan dana desa tahun 2021 di Kecamatan Bolo di antara 13 desa yang lain. Selain itu, Pemdes yang dipimpin oleh Kepala Desa yang familiar dengan Ompu Jenggo itu menduduki rangking kedua di Kabupaten Bima.
Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis mengatakan, pihaknya berhasil menuntaskan segala administrasi syarat pencairan dana desa tahun 2021 dengan cepat. Meskipun tahun ini persyaratan pencairan cukup banyak, namun hal itu tidak menjadi penghambat bagi Pemdes setempat.
“Alhamdulillah, ini berkat kerja keras semua pihak. Termasuk Sekes, BPD dan warga juga,” ujarnya, Kamis (4/3).
Ia membeberkan, banyak tahapan yang harus dilewati sebelum pencairan. Misalnya, RKPDes harus rampung, dan menyetorkan RPJMDes, Perdes Kewenangan, dan Perdes Pungutan. Ditambah lagi banyaknya ketentuan tambahan pemerintah pusat dan daerah.
“Tapi itu semua tidak menjadi kendala yang berarti,” katanya.
Kata Kades, berkat kerja keras itu, pihaknya menduduki peringkat pertama di Kecamatan Bolo. Sementara di tingkat Kabupaten Bima, pihaknya menduduki peringkat kedua setelah Desa Oi Maci Kecamatan Sape.
“Tahap pertama ini, pencairan 40 porsen,” ungkapnya.
Dari anggaran 40 porsen itu kata Kades, pihaknya akan melaksanakan sejumlah program yang telah direncanakan. Di antaranya, belanja wajib dan sejumlah program fisik.
“Kami akan segera merealisasikan sejumlah program itu. *Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *