Shadow

Kelompok Tani Desa Nggembe Ditunjuk Sebagai Pilot Project Pembenihan VUB Padi, Kades Yusuf Berterimakasih

Kabupaten Bima.- Kelompok Tani di Desa Nggembe Kecamatan Bolo menjadi salah satu kelompok tani yang dijadikan sebagai pilot project oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian yang meminta BPTP NTB agar bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI selaku mitra kerja Kementerian Pertanian.

 

Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis

Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Pertanian, Bidang Litbang Dinas Pertanian Provinsi NTB, BPTP NTB dan anggota DPR RI komisi IV H Muh Syafrudin.

“Kami bahagia sekali, dan tentu sangat berterimakasih,” ujarnya

Ia berkeyakinan, kedatangan pemerintah di desa setempat akan memberikan dampak baik bagi petani. Selain itu, petani juga akan diberikan bantuan.

Dengan program tersebut, diharapkan petani di desa setempat tidak lagi menjadi petani konsumtif, namun lebih dari itu yakni menjadi petani yang akan memproduksi benih unggul seperti yang diharapkan oleh pemerintah pusat dan menyebarkan benih benih yang dihasilkan ke seluruh kelompok tani yang ada di di Kabupaten Bima.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan Bimtek Perbenihan Varietas Unggul Baru (VUB) padi hasil inovasi Badan Litbang Pertanian oleh BPTP NTB.

Ketua Pelakasana Moh Nazam mengatakan, sektor pertanian masih memegang peran strategis dalam pembangunan nasional karena merupakan sumber pangan bagi penduduk indonesia. Dan ketersediaan pangan harus tetap terjamin terlebih dalam kondisi pandemi covid-19 .

“Pertumbuhan penduduk yg terus meningkat berdampak tidak hanya pada peningkatan permintaan pangan, tetapi juga pada permintaan lahan mengakibatkan terjadinya konversi lahan sehingga lahan produktif semakin berkurang,” ujarnya

Kata dia, Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian meminta BPTP NTB bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI selaku mitra kerja kementerian pertanian untuk melaksanakan percepatan hilirisasi teknologi hasil litbang kepada petani untuk meningkatkan produksi pangan guna memenuhi permintaan yg terus meningkat.

Penyerahan bantuan benih padi kepada kelompok tani Desa Nggembe

“Salah satu komponen teknologi yang  berperan sangat penting untuk meningkatkan produksi pangan adalah penggunaan benih varietas unggul baru yang memiliki keunggulan produktivitas tinggi, umur genjah, tahan terhadap gangguan hama penyakit dan gangguan iklim,” katanya

Berdasarkan data BPSB NTB, penggunaan varietas unggul baru (vub) di NTB baru mencapai 55,6%, artinya masih banyak petani yg masih bertahan dengan varietas unggul sedang  dan bahkan varietas lokal. Kemungkinan penyebabnya adalah tidak tersedianya benih VUB di lapangan.

Salah satu terobosan strategis yg dilakukan adalah perbanyakan benih dilakukan di daerah-daerah dengan memberdayakan penangkar lokal. Untuk saat ini BPTP NTB melakukan kerjasama dengan salah satu penangkar di Desa Nggembe, Kec. Bolo, Kab. Bima untuk menghasilkan benih sebar yg akan diserahkan ke kelompok-kelompoktani yang ada di wilayah Kab. Bima dan daerah lainnya di P Sumbawa

Ia berharap Bimtek ini dapat diikuti secara baik oleh para peserta guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang perbenihan. Dukungan dan kerjasama Pemda Kab. Bima melalui Dinas Pertanian untuk mensukseskan progran yang baru pertama kita laksanakan ini. *Dhin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *