Shadow

Pemuda Harap Perayaan HUT Kabupaten Dompu Diisi Kegiatan Islami

Kabupaten Dompu – Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 206 Kabupaten Dompu 11 April 2021 nantinya, tokoh Pemuda Kandai Satu berharap dilakukan kegiatan nuansa Islami dengan digelarnya zikir Akbar di Makam para Sultan Dompu.

Tokoh Pemuda, Gepeng

Salah satu tokoh pemuda pada wartawan, Fauzid Barawuan atau biasa dipanggil Gepeng mengatakan, Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB merupakan salah satu tempat bersejarah dengan di kabupaten ini.

“Satu makam bernama Sultan Syamsuddin yang bergelar Sohibul Karomah Wal Fadhillah atau dikenal Dewa Ma Wa,a Bata adalah Sultan Pertama Dompu,” kata Gepeng saat diwawancarai Mata Warta, Selasa (30/3/2021) sekira pukul 18.00 Wita.

Sementara satu lagi tokoh dikenal dengan Syeh Hasanuddin. Tokoh tersebut di makam kan dilingkungan Kandai Satu tepatnya Waro Kali. Dengan adanya kedua makam ini akan lebih baik lagi di hut Bumi Ngahi Rawi Pahu digelar bernuansa religius.

“Selain kegiatan religius, diharapkan Pemda mengadakan acara seni budaya dihari jadinya daerah ini. Dan ini belum pernah dilakukan oleh pemerintah setempat,” inginnya.

Menurut Gepeng, lokasi Bukit Sultan dan Situs klasik Dorobata menyakini dua lokasi itu sangat strategis untuk menarik minat wisatawan dengan terlebih dahulu pemerintah ikut berpartisipasi didalamnya.

“Partisipasi seperti apa? Tentu di dua lokasi tersebut diikut sertakan pada kegiatan hari jadi Dompu nantinya. Jangan hanya fokus pada Doro Ncanga saja,” tuturnya.

Sementara Lurah Kandai Satu, Dedy Arsyik S.Sos membenarkan Kandai Satu tidak pernah dilibatkan pada kegiatan di hari jadi Dompu. Pernah mengusulkan festival Dorobata di tahun 2019 lalu, namun tidak berhasil.

“Kami pernah mengusulkan ke panitia, tetapi tidak terealisasi. Saat itu kegiatannya difokuskan ke Kecamatan Pekat,” kata pria yang menjabat sebagai Lurah selama 6 tahun ini.

Ia berharap di HUT ke 206 ini dirinya mengusulkan 3 program kegiatan ke Dinas Pariwisata, 1. Ziarah kubur makam Sultan, 2. Kemah Bhakti bagi Pramuka di Doro Wadu Na,e dan ke 3. Seni budaya toke kandei, Gantau dan patu cambe.

“Harapan kami salah satu usulan itu direalisasi oleh panitia, setidaknya satu diantaranya ziarah makam pahlawan dapat lolos,” harap Lurah Kandai Satu. *Bang Can

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *