Shadow

Bersatu Lawan Covid-19, RBR Lombok Utara Semprot Disinfektan Pada Rumah Warga

Matawarta.id.- Kompak dan bersatu untuk melawan dan mengantisipasi Covid-19, salah satu organisasi desa yang ada di Desa Persiapan Menggala Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Remaja Bat Rurung (RBR) melalukan aksi kepedulian sosial dengan menyemprotkan disinfektan pada rumah-rumah warga, Rabu (1/4)

Remaja Bat Rurung (RBR) saat menyemprot disinfektan pada rumah warga

Pengurus Remaja Bat Rurung (RBR) Wendy mengatakan, penyemprotan rumah-rumah warga itu dilakukan dengan menggunakan disinfektan hasil racikan mereka sendiri dengan mengikuti arahan dan pentunjuk Dinas Kesehatan kabupaten setempat. Hal itu dilakukan karena cairan disinfektan yang asli sangat sulit didapatkan.
“Karena disinfektan sulit didapat, kami racik sendiri,” ujarnya.

Ia membeberkan, adapun bahan-bahan yang merek gunakan yaitu, pemutih, pembersih lantai dan pembersih kamar mandi.”Campuranya, 2 sendok makan pemutih, 2 sendok makan pembersih kamar mandi dan 4 sendok makan pembersih lantai dicampur dalam 1 liter air,” bebernya.

Tokoh Pemuda Desa Persiapan Menggala Muzakir Akbar mengatakan, kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan persatuan mereka dalam mencegah merebaknya pandemik global tersebut.
“Dalam kondisi sulit seperti ini, kami sebagai remaja juga saling menguatkan dan saling menasehati agar bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19,” ujarnya.

Dia membeberkan, penyemlrotan disinfektan pada rumah warga rencananya akan dilakukan secara berkala yakni 1 kali dalam seminggu.
“Disamping itu, kami  juga mengedukasi masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari Covid-19,” katanya.

Baca Juga :  Ketua Umum DPD IMM NTB Hadiri Pembukaan DAM se NTB PC IMM Sumbawa Besar

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga setempat. Bahkan sejumlah warga memberikan sumbangan untuk membeli disinfektan. Mereka mengaku merasa aman dan terlindungi dengan upaya pencegahan yang dilaksanakan Remaja Bat Rurung (RBR).“Lebih baik mencegah dari pada mengobati, sebelum virus corona masuk ke kampung kami, ahamdulillah semuanya kompak dan bersatu untuk melakukan pencegahan” tutur anggota RBR lain Ba’imazid. (Daenk)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *