Shadow

BuMdes Belum Ada LPJ, Kantor Desa Mpuri Disegel Oleh Pemuda

KABUPATEN BIMA.– Pemuda Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima datangi kantor desa setempat untuk menagih janji yang disepakati dalam laporan pertanggung jawaban ( LPJ) BUMDES desa setempat Pada Senin 17 Januari 2022.

Foto Situasi Didepan Kantor Desa Mpuri Usai Disegel.

Pernyataan yang disepakati pada laporan pertanggung jawaban saat itu tidak di jalankan oleh BUMDES desa setempat. Akibatnya pemuda desa setempat melakukan penyegelan kantor desa setempat.

“Penyegel kantor desa mpuri atas kekecewaan pemuda karena tidak ada tindak lanjuti oleh pemerintah desa apa yang menjadi aspirasi kami dan karena kepala desa tidak ada di kantor desa pada saat kami menagih janji Kantor desa pada hari ini.”ucap Furkan

Lanjutnya. apa yang lakukan hari ini atas dasar perjanjian pada saat pertemuan pada Senin 17 Januari 2022, pada saat audensi dan musyawarah desa bersama kepala desa setempat.”Kami lakukan ini berdasarkan hasil kesepakatan.” bebernya.

Adanya Penyegelan ini, Sekertaris Desa Mpuri Ihwansyah S. Pd menyapaikan bahwa kepala desa setempat meminta agar kasus BUMDES dilaporkan ke Dinas terkait.

“Kades sampaikan dan perintahkan kepada saya untuk melaporkan ke inspektorat tadi, namun itu bukan kewenangan saya karena pemangku kebijakan atau stekholder desa.” kata Sekdes.

Menurut Sekdes, Kepala desa harus mengambil keputusan untuk mengeluarkan SK pemecatan kepada pengurus BUMDES dan buatkan surat pertanyaan sikap untuk mengembalikan uang sebanyak 130 juta rupiah tersebut.

“Saya pribadi tidak mau melaporkan kasus bumdes ke inspektorat karena bumdes di bawah naungan kepala desa dan yang harus melaporkan kasus BumDes adalah kepala desa sendiri ” ucap Sekdes saat di wawancarai melalui via telpon, Jum’at 21 Januari 2022 sekitar pukul 3. 40 Wita.

Ia berharap agar Kepala desa memberikan peryataan sikap secara tegas terkait kasus tersebut, dengan catatan kades harus cabut SK BUMDES serta membuatku Surat pertanyaan sikap untuk mengembalikan uang yang direalisasikan kepada BUMDES pada tahun anggaran 2018-2019.”Bukan hanya tahun itu, pada tahun 2020 juga.” Ucap Ihwansyah.*Van.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.