Shadow

Dikbudpora Kabupten Bima bersama INOVASI Gelar Pembekalan Fasilitator Replikasi Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa

Pembukaan Kegiatan oleh Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima, Khusnul Khotimah, S.Pil

Kabupaten Bima.- Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima bersama INOVASI Pendidikan menggelar pembekalan fasilitator replikasi pembelajaran berbasis level kemampuan siswa, Rabu (16/03/2022) di aula SKB Kabupaten Bima.

Kegiatan itu dihadiri oleh puluhan kepala sekolah dan pengawas yang ada di Kabupaten Bima. Selain itu, juga dihadiri oleh jajaran Dikbudpora Kabupaten Bima dan fasda INOVASI Pendidikan.

Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima, Khusnul Khotimah, S. Pil mengatakan, kegiatan tersebut digelar atas dasar adanya program Dikbudpora yang ingin mereplikasi program Gemar Literasi yang disederhanakan dalam beberapa item dan diberi nama program replikasi metode pembelajaran berbasis level kemampuan siswa Kabupaten Bima.

“Rencananya program itu akan diberikan kepada 418 Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Setelah dilakukan RTL dan pertemuan bersama Tim INOVASI, Fasda, guru penggerak, Korwas, Pengawas, dan Korwil, didapatkan kesmpulan bahwa dibutuhkan tambahan fasilitator sebagai mentor dalam melaksanakan kegiatan per kecamatan.

Kata dia, program replikasi itu, nantinya akan dilaksanakan oleh Korwil dan pengawas tingkat kecamatan, dengan dibantu oleh Fasda INOVASI dan fasilitator pendamping sebagai penyampai materi.

Fasda INOVASI Pendidikan, Syahrun, M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta.

“Rencana awalnya kita kegiatan sampai pukul 16.00 Wita, tapi antusias peserta jadinya kita sampai pukul 17.00 Wita,” ujarnya

Dalam kegiatan itu, ada 5 materi yang disampaikan untuk dipahami oleh para peserta yang nantinya akan menjadi fasilitator di setiap kecamatan, yakni perubahan pola pikir, apa dan mengapa literasi, pengantar penilaian kemampuan membaca, dan penilaian kemampuan membaca, pengelompokan siswa, dan pembelajaran dalam kelompok level. Selain itu, juga ada materi tekhnis pelaksanaan program replikasi itu nanti di setiap kecamatan yang disampaikan oleh Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.