Shadow

Gandeng Mitra, INOVASI Gelar Pelatihan Untuk Guru di 3 Kecamatan di Kabupaten Bima

Pelatihan guru SD/MI di Kecamatan Monta. Foto: Ela

Kabupaten Bima.- INOVASI bersama mitranya STKIP Taman Siswa Bima menggelar pelatihan guru SD/MI di 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. Yakni Kecamatan Monta, Kecamatan Langgudu, dan Kecamatan Sape.
Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari sejak Rabu hingga Kamis (22-23/09/2021).
Di Kecamatan Monta kegiatan digelar di SMPN 2 Monta, di Sape digelar di SMPN 1 Sape, dan di Langgudu bertempat SMAN 1 Langgudu.
Fasda Pembelajaran INOVASI Rukmini mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Sadar (GEMAR) Literasi Kabupaten Bima. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru dan kepala sekolah SD/MI.
“Ada sejumlah modul yang diajarkan pada kegiatan ini yang nantinya bisa peserta aplikasikan di sekolah masing-masing,” ujarnya
Kata dia, setelah diberikan pelatihan, peserta nantinya akan tetap didampingi oleh Fasda ketika melakukan KBM di sekolah masing-masing.
Mewakili Mitra INOVASI STKIP Taman Siswa Bima Arif Hidayad mengatakan, kegiatan tersebur digelar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar guru. Berkaitan dengan kemapuan literasi membaca dan menulis anak kelas 1 sampai kelas 4 SD.
“Ada sejumlah modul yang disampaikan oleh para Fasda dalam kegiatan ini,” ujarnya.
Kata dia, khusus di Kecamatan Monta jumlah yang ikut kegiatan tersebut sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 24 guru dan 6 kepala sekolah.
“6 kepala sekolah ini adalah sekolah sasaran yang ada di 3 desa di Kecamatan Monta,” katanya
Dari pelatihan itu, guru-guru bisa menyerap semua materi pelatihan dan mengaplikasikannya di sekolah masing-masing.
“Kami lihat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” tuturnya
Ia menerangkan, kemampuan guru sangat perlu untuk ditingkatkan, karena kemampuan siswa sangat bergantung pada kemampuan dan kreativitas guru saat mengajar.
Salah satu kepala sekolah yang menjadi peserta Baharuddin mengaku sangat senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sangat membantu sekolah karena guru-guru dilatih banyak hal untuk keperluan mengajar yang lebih baik.
“Dengan kegiatan ini guru mendapatkan ilmu yang banyak,” ujarnya.
Selain itu, dengan kegiatan tersebut kepala sekolah akan terbantu dalam mengawasan dan pembinaan para guru karena hadirnya program INOVASI.
Peserta guru Nurrahmi mengaku sangat senang karena mendapatkan banyak pengetahuan tentang pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pendidikan.
“Kami senang dan bersyukur sekali karena mendapatkan pengetahuan baru,” ujarnya
Ia berharap kegiatan serupa terus dicanangkan oleh INOVASI dan berimbas pada banyak sekolah terutama sekolah-sekolah terpencil mengingat banyaknya kendala yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. *Ela

Baca Juga :  Puluhan Warga di Bolo Keracunan Jamur
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *