Shadow

Kades dan Ketua BPD Sanolo Diduga Selewengkan Dana Desa

Kabupaten Bima – Kepala Desa dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sanolo Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima diduga Selewengkan Dana Desa untuk dua item pekerjaan fisik anggaran di tahun 2021 lalu. Hal ini disampaikan oleh salah satu Anggota BPD Rasid S.Pd, Pada Rabu (20/4/2022).

Foto Anggota BPD Rasid S.Pd.

Katanya, pihaknya mengetahui hal itu setelah pelaporan atas penggunaan dana Desa Pada Maret 2022. Pasalnya, pencairan dana desa tahap I tahun 2022 harus dilengkapi pelaporan tahun 2021 lalu.

“Terkuaknya persoalan ini setelah kami cek dilapangan. Dan memang belum dikerjakan sama sekali, ada buktinya kok,” cetus Rasid.

Ia membeberkan, Beberapa poin penting yang tidak jelas arah uang negara dan tidak dikelola dengan baik oleh pemdes setempat yakni Pagar TPA di Dusun Sonco senilai Rp 7. 500. 000, Pagar Pilindes di Dusun Sanolo dengan nominal Rp. 10. 000. 000, Spal di Dusun Sonco Rp. 79. 000. 000, Pagar So Malino yang tidak sesuai angaran dengan RAB Rp. 50. 000. 000 dan dengan 8 % nya lagi senilai 69 Juta.

“Selain itu, kapasitas BPD Rp. 2. 700. 000 serta Perjalanan Dinas Sekdes dan Kades, semua itu Ketua BPD yang tidak pernah menunjukan Bukti bahwa telah melalukan tugas luar daerah. Dan juga anggaran Penyuluhan di Bidang Hukum senilai Rp. 2. 500. 000

Menurut Rasid, Berdasarkan pengakuan sekretaris desa (sekdes) Arabia S.Pd bahwa memang pekerjaan itu dilaksanakan kades. Akan tetapi, anehnya anggarannya telah diberikan kepada ketua BPD.

“Sebagai anggota BPD kami sayangkan hal ini, apalagi pekerjaannya tak ada. Kuat dugaan ada konspirasi kepala desa dan ketua BPD atas anggaran itu,” tambah Rasid.

Hingga berita ini diturunkan Ketua BPD dan Kepala Desa belum bisa dikonfirmasi atas hal ini. *Van.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.