Shadow

Nuraya Jual Keliling Ikan Demi Nafkahi Keluarga

Kabupaten Dompu – Nurayu Mansyur (44 tahun) warga Desa Adu Kecamatan Hu,u Kabupaten Dompu NTB ini adalah salah satu wanita tangguh yang mampu menafkahi keluarga dengan berjualan keliling dari desa ke desa.

Foto Penjual Keliling Ikan Nuraya.

Berprofesi penjual ikan keliling telah digeluti selama 20 tahun lamanya. Bahkan ibu yang memiliki anak enam orang ini mengaku tiga kali jatuh dari sepeda motor saat seusai jualan keliling.

“Tiga kali saya jatuh dari motor. Jatuh dari Dompu menuju Adu pasnya tengah malam. Hanya motor saja yang rusak,” kata Nurayu, seusai menawarkan jualannya di Teka Ndahu, Minggu (9/1/2022) sekira pukul 15.00 Wita.

Cerita Nuraya, ikan dan sayuran ini dia beli di kampung bahkan lebih banyaknya pula dibeli juga dari pasar Dompu. Kalau barangnya dari dompu ia akan jual ke tiap desa terdekat yang arahnya ke Hu,u, begitupun sebaliknya.

“Subuh saya udah keluar dari rumah mencari barang dagangan. Setelah siap di pasarkan akan dibawa keliling,” katanya.

Ungkap Nuraya, penghasilan suami hanya menghasilkan biaya tak seberapa karena menunggu hasil panen saja. Sementara kebutuhan sehari-hari akan tercukupi jika dirinya berjualan keliling.

“Alhamdulillah. Dari hasil jualan satu hari bisa dapat 100 ribu bahkan lebih, ada juga dagangan ini sedikit laku. Bila dagangan tak laku ikan ikan ini bisa dikeringkan sehingga bisa dijual juga,” ungkap Nurayu.

Sementara pemilik ladang jagung di Teka Ndahu, Ina Leha pada wartawan mengakui terbantukan adanya jualan keliling ini. Masalahnya dirinya tidak jauh lagi membeli ikan ke pasar Dompu.

“Kami tinggal menunggu di pinggiran jalan saja untuk sekedar membeli ikan ataupun sayuran,” imbuhnya.*Bang Chan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.