Shadow

Pemuda Pajo Gelar Diskusi dan Silaturahmi Nasional Secara Virtual

Kabupaten Dompu – Forum silaturrahmi generasi muda pajo Kabupaten Dompu mengadakan diskusi millenial dan silaturrahmi nasional, Minggu (23/05/21).

Adapun peserta yang hadir dalam diskusi virtual tersebut adalah para sesepuh, para pemuda dan mahasiswa pajo yang berdomisili diberbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Yogyakarta, Malang, Makassar, Kalimantan, Mataram, Ambon, Bima dan Dompu. Selain dihadiri oleh generasi pajo diseluruh Indonesia kegiatan tsb juga dihadiri oleh kanit intelkam polsek pajo, panitia pilkades, calon kades beserta para tim sukses.

Koordinator acara Sulaiman mengatakan, bahwa acara diskusi dan silaturrahmi kali ini bertujuan untuk menajalin keakraban dan silaturrahmi diantara generasi muda kecamatan pajo Kabupaten Dompu,”Apalagi saat ini ke tiga desa yang ada dikecamatan pajo yaitu desa Ranggo, desa Lune dan desa woko akan mengadakan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak makanya dalam diskusi dan silaturrahmi virtual ini kami mengusung tema Mencari pemimpin visioner untuk pajo yang beradab,” katanya.

Acara diskusi dipimpin oleh Ifan sofian, M.Pd, kemudian dilanjutkan penyampain materi oleh Muhammad Irwansyah, M.Pd dan Wawan Irawan, M.Pd.

Salah satu pemuda kelahiran Kecamatan Pajo, Muhammad Irwansyah, M.Pd memaparkan, bahwa ada 6 pilar utama yang harus dimiliki oleh calon pemimpin kedepannya yaitu Bertuhan dan Berkarakter, Berilmu, Adil, Menghindari Money Politic, Memanfaatkan Potensi lokal yang ada (SDA dan SDM) dan Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung.

Baca Juga :  Situs Klasik Dorobata di Dompu Dipadati Pengujung

“6 poin ini harus dimiliki oleh calon pemimpin di desa kedepannya mengingat banyaknya kasus yang terjadi di desa seperti penyalahgunaan dana desa, narkoba dan Miras, perkelahian antara remaja, perjudian dan sebagainya,” papar Muhammad Irwansyah yang juga merupakan Dosen STKIP Bima.

Dirinya berharap, Semoga calon kepala desa yang terpilih nantinya memenuhi kriteria serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,”Harapannya enam poin itu nanti dapat di Implementasikan,” harap dia

Sementara itu Wawan Irawan, M.Pd yang merupakan pria kelahiran desa Ranggo, Kecamatan pajo mengatakan, bahwa pemimpin yang baik lahir dari orang yang baik. Artinya para pemimpin saat ini dan calon pemimpin kedepannya harus menjadi pemimpin yang memiliki karakter yang baik,”Tidak bersifat sementara yang hanya saat adanya pemilihan kades akan tetapi jauh sebelum ada pilkades para calon harus lebih awal membekali diri dengan sifat dan prilaku yang kharismatik sesuai dengan teori Al- Mawardin dan Aritoteles,” ungkap dia.

Mengakhiri kegiatan diskusi, Ifan Sofian, M.Pd selaku moderator menyimpulkan, bahwa ada beberapa poin penting yang bisa disimpulkan sekaligus sebagai rekomendasi untuk ditelaah lebih lanjut oleh calon pemimpin yang ada dikecamatan pajo kedepannya, yaitu Menjalankan perintah tuhan sesuai dengan ajaran agama, Memilih dan menggangkat staf desa berdasarkan kualitas bukan berdasarkan kekeluargaan atau mantan tim sukses.

Baca Juga :  Jelang New Normal, Polwan Ditsamapta Polda Banten Laksanakan Giat Patroli

Tidak terlibat dalam praktek money politic karena itu merupakan penjahat Demokrasi, Memaksimalkan potensi yang ada di desa (SDA dan SDM), Menyusun perdes terkait pelarangan miras, narkoba dan hiburan malam, Membangun sarana dan prasana sebagai tempat pengembangan bakat dan minat generasi muda,
Tidak melakukan upaya-upaya diskriminasi pada kaum muda dan mahasiswa yang memberikan masukan (kritikan) pada kebijakan yang tidak pro rakyat, Tidak melakukan provokasi dan saling menjatuhkan antara masing-masing calon baik didunia nyata dan didunia maya. (Man).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *