Shadow

Serius Sukseskan Program Literasi, Pemkab Bima Bentuk Pokja INOVASI Fase II

Kabupaten Bma.- Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Kelompok Kerja (Pokja) program INOVASI Fase II. Pembentukan Pokja itu dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh sejumlah OPD yang diprakasai oleh Bappeda Kabupaten Bima dan difasilitasi oleh INOVASI, Selasa (23/6).

Kegiatan itu, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Nur.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Bima menyampaikan, setiap orang yang terlibat dalam Pokja itu diharapkan bisa menjadi relawan literasi yang bekerja tulus untuk memajukan mutu pembelajaran anak di Kabupaten Bima.

“Saya harap semua bisa bekerja dengan ihlas. Tanpa mengedepankan soal materi,” ujarnya

Selain itu, dia juga berharap Pokja itu bisa bekerja serius dan manpu membantu pemerintah untuk mendongkrak nilai IPM di Kabupaten Bima yang masih tergolong rendah.

Sementara itu, Sekretaris Dikbudpora Kabupaten Bima Salam Gani, M.Pd menyampaikan, ada banyak tugas yang mesti dilakukan oleh Pokja itu. Di antaranya kata dia,melakukan koordinasi, singkronisasi kebijakan program peningkatan mutu pendidikan lintas sektor dengan program INOVASI Fase II.

Kemudian kata dia, memberikan arahan terhadap pelaksanaan program INOVASI Fase II, menfasilitasi sosialisasi dan pelaksaan tehnis program INOVASI pada Fase II. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program.

“Juga melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Bupati Bima,” paparnya.

Baca Juga :  Pemdes Rada Bagikan BLT DD Kepada 30 KPM

Tim INOVASI Abdul Munir menyampaikan, INOVASI akan selalu siap mengawal dan mendampingi seluruh kegiatan Pokja kedepan. Dan jika diperlukan, pihaknya juga siap menghadirkan Kemenag dan Kemendikbud di Kabupaten Bima jika diperlukan untuk menyukseskan program tersebut.

“Karena Kemenag dan Kemendikbud adalah mitra kami juga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dukungan INOVASI tersebut diberikan semata-mata untuk mendukung dan memperkuat kebijakan pemerintah dalam meningkatkan literasi dan pembelajaran anak yang pada akhirnya manpu menaikkan IPM Kabupaten Bima yang terbilang rendah.

Pengurus Pokja yang dibentuk terdiri dari 12 orang yang diketuai oleh Sekda Kabupaten Bima, Kepala Bappeda sebagai Wakil Ketua, dan Kepala Dikbudpora sebagai sekretaris.

Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bima Raani Wahyuni, ST, MT., MSc menyampaikan, semoga Pokja yang dibentuk bisa bekerja secara kolektif dan berkesinambungan untuk menyukseskan program yang dimaksud.

Fokus INOVASI Fase II yaitu mendukung peningkatan mutu proses dan capaian literasi numerasi dasar untuk semua anak, khususnya mereka dengan kesulitan terberat. *Ela

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *