Shadow

Terumbu Karang Rusak, Ikan Lari Nelayan Melarat

Kabupaten Dompu – Selain Hutan, terumbu karang pun bisa punah kalau tidak dijaga kelestariannya, hal tersebut disampaikan Christian (40 tahun) asal Desa Calabay Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Jumat (29/7/2022) pagi.

Foto Salah Satu Karang di Areal Laut Calabay

Kata pria yang juga sebagai ketua LSM KOMPPAK saat dikonfirmasi wartawan, ekosistem laut seperti terumbu karang dapat hancur. Dengan hancurnya terumbu karang dapat mengusir segala jenis ikan dan itu bisa berdampak buruk juga bagi nelayan.

“Terumbu rusak ikan akan lari nelayan melarat. Tentunya lokasi pencarian ikan akan semakin jauh dari biasanya,” kata Christian yang akrab disapa Chriss.

Kata dia, hutan hancur disebabkan oleh oknum pembalakan dan ilegal logging sementara terumbu karang oleh oknum nelayan menggunakan potasium dan bom ikan.

“Penggunaan potasium dan bom ikan dapat merusak ekosistem laut saleh. Jadi jangan heran ikan kabur karena rumah tempat bertelurnya rusak akibat bom itu,” ungkapnya.

Hadirnya perusahan PT. SMS dan PT. Pegadaian sangat membantu berpartisipasi menjaga kelestarian laut. Dengan adanya kedua perusahaan ini selalu memberikan CSR pada lsm Komppak dalam hal mendanai budidaya terumbu karang.

“Selain dua perusahaan ini yang berkontribusi ada juga bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Dompu juga swadaya masyarakat,” jelasnya.

Salah satu teknik pelestarian atau rehabilitasi terumbu karang yang terdegradasi adalah teknik pencangkokan atau tranplantasi karang dan tiga tahun ini lsm Komppak telah melakukan penanaman terumbu karang di berbagai titik.

“Sudah ratusan terumbu karang telah kami tanam diperairan teluk saleh ini,” cetusnya.

Guna transplantasi karang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak atau untuk membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada.

“Harapan kami mari kita menjaga kelestarian bahari dengan tidak memakai bom ikan dan potasium terutama di teluk Samota yang menjadi kebanggaan masyarakat Dompu,” harapnya.*Bang Chan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.