Shadow

Uprade Pemahaman Kader Posyandu, Pemdes Nggembe Gelar Penyuluhan dan Pelatihan

Pelatihan dan penyuluhan kesehatan bagi kader posyandu Desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB

Kabupaten Bima.- Pemerintah Desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan tahun 2021 untuk seluruh kader posyandu di desa setempat, Rabu (19/5).
Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis mengatakan, kegiatan itu dirasa penting dilakukan agar pengetahuan dan pemahaman kesehatan para kader posyandu yang ada di setiap dusun yang ada di desa setempat ditambah dan diperbaharui. Mengingat peran mereka sangat penting di tengah masyarakat.
“Mereka ini perannya penting di tengah masyarakat,” ujarnya
Kendati ada Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang menangani masalah kesehatan. Namun peran kader posyandu yang akan mengidentifikasi awal kondisi kesehatan masyarakat, melalui banyak kegiatan di antaranya Poswindu dan Posyandu.
“Mereka yang selalu bersama masyarakat. Karena itu harus dibekali ilmu agar bisa menjelaskan bagaimana pentingnya masalah kesehatan untuk masyarakat itu sendiri,” katanya.
Kades membeberkan, kegiatan itu dilaksanakan menggunakan dana yang bersumber dana desa tahun 2021 tahap pertama.
“Kegiatan ini masuk di bidang dua, terkait dengan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat,” bebernya.
Penyuluhan dan pelatihan kesehatan itu dibuka langsung oleh Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajudin, SH., M.Si Sementara penyampai materi diisi oleh 1 orang dari DPMDes dan 1 orang dari TA P3MD.
Kadis DPMDes Kabupaten Bima Tajudin, SH., M.Si menyampaikan apresiasi terhadap Pemdes Nggembe. Menurutnya, kegiatan serupa harus digalakan mengingat kesehatan adalah faktor penting dalam kemajuan masyarakat desa.
“Keberadaan kader posyandu memang harus didukung seperti ini,” katanya.
Sejauh ini kata dia, kondisi kesehatan masyarakat Desa Nggembe secara keseluruhan masih baik. Bahkan, saat pandemi Covid-19 saat ini, belum ada warga setempat yang positif terpapar. *Sila

Baca Juga :  Kelompok Tani Desa Nggembe Ditunjuk Sebagai Pilot Project Pembenihan VUB Padi, Kades Yusuf Berterimakasih
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *